Indibiz terapkan konsep ‘Plug & Play’ untuk percepat transaksi digital bagi UKM (Foto: Telkom)
Berita Terkini, Eksklusif di WhatsApp Inilah.com
Telkom Indonesia melalui penyedia solusi digital Indibiz meluncurkan pembaruan pada situs web resminya, Indibiz.co.id, yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna (customer experience) bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
Pembaruan ini menghadirkan desain yang lebih ramah pengguna (user friendly) dan konsep “plug & play” untuk mempermudah pemilihan dan transaksi produk.
Manfaat dari pembaruan ini dirasakan langsung oleh Anugerah Yoga Prabowo, pemilik Homestay Rindu Jogokariyan di Yogyakarta.
Yoga menuturkan, ia sedang mencari solusi digital untuk mengoptimalkan layanan bisnisnya di sektor perhotelan dan merasa terbantu dengan tampilan situs web yang baru.
Menurutnya, tampilan menu yang terstruktur dan bersih membantunya dengan cepat menemukan fitur yang relevan untuk industrinya, seperti digital check-in dan sistem manajemen hotel.
“Setelah saya coba, ternyata semudah itu mencari solusi digital yang dibutuhkan, tinggal pasang dan pakai produk yang akan digunakan. Kemudian total tagihan akan muncul dan bisa langsung lanjut proses pembayaran,” ujar Yoga, Jumat (25/7/2025).
Konsep “plug & play” yang diusung memungkinkan pengguna untuk memilih fitur atau produk digital yang dibutuhkan dari berbagai sektor bisnis, lalu langsung melihat total tagihan untuk melanjutkan ke proses pembayaran dalam alur yang lebih sederhana.
Yoga menambahkan bahwa digitalisasi kini bukan lagi pilihan, melainkan sebuah keharusan bagi para pelaku usaha untuk dapat berkembang secara berkelanjutan.
“Harapannya, dengan hadirnya website resmi Indibiz, proses transformasi digital bagi saya dan para pelaku usaha lain menjadi jauh lebih cepat dan efisien,” tutupnya.