Adidas hingga Puma Saling Sikut jadi Calon Apparel Jersey Timnas Indonesia Tahun Depan

Adidas hingga Puma Saling Sikut jadi Calon Apparel Jersey Timnas Indonesia Tahun Depan

Haris Medium.jpeg

Rabu, 16 Juli 2025 – 18:41 WIB

Ketum PSSI, Erick Thohir. (Foto: Getty Images)

Ketum PSSI, Erick Thohir. (Foto: Getty Images)

Berita Terkini, Eksklusif di WhatsApp Inilah.com

+ Gabung

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir mengumumkan daftar apparel yang mengikuti tender untuk jersey Timnas Indonesia pada tahun depan.

Total ada tujuh brand olahraga yang mengikuti tender, termasuk merek internasional seperti Adidas, Puma, Kelme hingga Warrix. Selain itu, ada pula merek lokal termasuk Erspo, Riors dan Masagi.

“Alhamdulillah responnya luar biasa, jadi yang sudah masuk dan sudah ditutup 10 Juli, nanti kami akan melakukan tender, yaitu Adidas, Warriors, Kelme, Erspo, Puma, Masagi, dan Riors,” ucap Etho sapaan akrab Erick di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (16/7/2025).

Etho bilang, kehadiran sejumlah brand internasional tentu menjadi pertanda positif terutama dalam mendorong industri sepak bola Indonesia secara global.

“Jadi saya rasa, hal yang positif ketika banyak brand besar dari luar negeri, seperti Adidas, Puma, Kelme, Warrix bisa, tetapi juga ada brand dari dalam negeri yang tetap juga mencoba, jadi ini sebagai tentu hal-hal yang positif yang kami lihat membangun tadi bagaimana industri sepak bola kita secara global,” katanya.

Selanjutnya PSSI akan melanjutkan proses seleksi dengan mendengarkan presentasi dari masing-masing brand, 21 Juli mendatang.

“Harus submit sebelum, paling lama tanggal 21 (Juli) baru nanti, mereka akan presentasi satu per satu, baru akan ada penilaian,” sahut Managing Direktur Manager PT Garuda Sepakbola Indonesia (GSI) sekaligus perwakilan PSSI, Marshal Irwan Masita.

Presentasi tersebut jadi momentum penting dalam menentukan mitra apparel yang bukan hanya kuat secara kualitas dan desain, tetapi juga punya komitmen jangka panjang dalam membangun ekosistem industri sepak bola nasional.

“Tender ini bukan sekadar urusan jersey dan apparel, tapi bagian dari strategi besar untuk mengangkat nilai industri olahraga di Tanah Air. Kami ingin apparel Timnas mencerminkan kualitas, semangat, dan kebanggaan bangsa,” lanjut Etho.

Sebelumnya, PSSI melalui PT Garuda Sepak Bola Indonesia (GSI) membuka tender terbuka (open tender) untuk sponsorship apparel Tim Nasional Sepak Bola dan Tim Nasional Futsal Indonesia periode 2026-2030. Tender ini meliputi kategori baju, sepatu, dan aksesoris yang akan digunakan seluruh komponen Timnas Indonesia dalam kegiatan resmi nasional maupun internasional.

PSSI sebagai induk organisasi sepak bola nasional, bersama PT GSI selaku entitas pengelola komersial resmi, berkomitmen meningkatkan standar profesionalisme, kemandirian finansial, serta penguatan identitas nasional dalam kancah olahraga dunia. Oleh karena itu, pemilihan mitra apparel dilakukan melalui proses yang terbuka, transparan, dan kompetitif.
 

Topik
Komentar

Komentar