Pengusaha H Samsudin Andi Arsyad atau Haji Isam (ketiga dari kiri) diapit dua anaknya, Jhony Saputra (kanan) dan Liana Saputri (kiri), serta suami Liana, Putra Rizky (paling kiri) di Galangan Oshima Shipyard, Jepang. Semuanya berpenampilan sederhana dan bersahaja, tanpa kesan mewah. (Foto: Inilah.com).
Berita Terkini, Eksklusif di WhatsApp Inilah.com
Bisnis pelayanan PT Jhonlin Marine Lines (JML), anak usaha Jhonlin Group, semakin berkibar. Perusahaan milik pengusaha H Samsudin Andi Arsyad yang akrab disapa Haji Isam, memesan 8 unit kapal pengangkut curah ultramax, berbobot 64.000 deadweight tonnage (dwt).
Dikutip dari laporan The Japan Maritime Daily, Jumat (25/7/2025), Haji Isam telah meneken kontrak dengan Oshima Shipbuilding Jepang untuk pembangunan 8 kapal pengangkut curah ultramax berbobot 64.000 dwt.
Asal tahu saja, Oshima Shipbuilding merupakan perusahaan pembuat kapal yang didirikan pada 1973.
Per Maret 2024, perusahaan ini memiliki 1.644 karyawan, beroperasi sebagai perusahaan patungan antara Sumitomo Heavy Industries, Osaka Shipbuilding dan Sumitomo Corporation.
Pesanan ini, merupakan kontrak pembangunan kapal anyar kedua yang diumumkan Oshima Shipbuilding pada 2025. Sehingga total pesanan kapal dari Oshima mencapai 10 kapal.
Pihak JML juga menambah armadanya melalui akuisisi kapal Sagar Kanta berbobot 60.800 DWT. Selanjutnya, kapal itu berganti nama menjadi Jhonlin 001.
Kesepakatan pembangunan kapal besar oleh Oshima ini, nilainya mencapai $328 juta. Atau masing-masing kapan bernilai $41 juta. Pengiriman kapalnya dijadwalkan pada 2028 dan 2029.
Pada Januari 2025, Haji Isam berkunjung ke Oshima Shipbuilding yang berada di Pulau Oshima, Kota Saikai, Prefektur Nagasaki, Jepang. Galangan kapal ini berada di dekat pintu masuk Teluk Sasebo.
Kala itu, Haji Isam mengajak dua anak kesayangannya yakni Jhony Saputra dan Liana Saputri, serta menantunya Putra Rizky.
Bisa jadi, Haji Isam ingin seluruh anaknya yang akan memimpin Jhonlin Group, semakin matang dalam berbisnis.
Dipilih Oshima Shipbuilding, karena perusahaan ini merupakan salah satu industri pembuatan kapal terbaik di dunia. Spesialis membangun kapal pengangkut curah.
Para pemilik kapal di Eropa secara aktif memesan kapal kargo curah kecil dan menengah pada 2022 dan 2023, di tengah ketidakpastian pasar dan harga yang terus naik tinggi.
Sebaliknya, pemilik kapal di Asia, terutama di Asia Tenggara, semakin rajin melakukan pembelian kapal baru-baru, untuk memenuhi permintaan transportasi di masa mendatang.
Dan, JML dipandang sebagai representatif dari tren ini untuk kawasan Asia. Karena, melanjutkan program pembangunan kapal baru setelah beberapa tahun tertinggal dari Eropa.
Oshima, yang spesialisasinya membangun kapal kargo dengan muatan antara 30.000 dan 100.000 dwt, telah merestrukturisasi fokus pasar sejak 2020. Lesunya pasar pembuatan kapal pada tahun itu, membuat perusahaan melanjutkan operasinya di Yunani untuk pertama kalinya dalam 45 tahun.