Xiaomi SU7 Ultra Track Edition Meluncur dengan Sertifikasi Nürburgring

Xiaomi SU7 Ultra Track Edition Meluncur dengan Sertifikasi Nürburgring


Xiaomi resmi meluncurkan SU7 Ultra Track Edition, versi yang disempurnakan dari sedan listrik berperforma tinggi SU7 Ultra, di pameran otomotif Guangdong-Hong Kong-Macao Greater Bay Area atau Auto Shenzhen 2025.

Mengutip CarNewsChina, Minggu (1/6/2025), varian baru ini ditawarkan sebagai ‘Track Professional Package’, yang dibangun di atas kemampuan SU7 Ultra yang sudah ada dengan serangkaian perangkat keras khusus untuk performa yang berfokus pada sirkuit.

Paket peningkatan opsional ini dibanderol seharga 100 ribu yuan atau sekitar Rp226 juta serta diharapkan akan segera dijual secara umum.

SU7 Ultra Track Edition dilengkapi dengan coilover Bilstein EVO R yang dapat disesuaikan, ban semi-licin Pirelli P Zero Trofeo RS, bantalan rem Endless untuk balapan, dan velg tempa berbentuk U berukuran 21 inci yang semuanya dikembangkan bersama untuk penggunaan berkelanjutan dalam kondisi lintasan yang menantang.

Xiaomi telah memvalidasi konfigurasi ini dengan menguji sirkuit domestik dan sirkuit legendaris Nürburgring di Jerman secara ekstensif.

Dari segi desain, SU7 Ultra Track Edition menghadirkan beberapa peningkatan visual dan fungsional, termasuk emblem khas Xiaomi berbahan serat karbon emas 24 karat.

Terinspirasi oleh prototipe awal Xiaomi, kap mesin serat karbon dua saluran mengurangi bobot hingga 1,3 kilogram dan dilengkapi dua ventilasi terintegrasi untuk meningkatkan aliran udara di bagian depan.

Komponen serat karbon tambahan meluas ke atap, spoiler belakang, diffuser, rumah kaca spion, dan side skirt.

Sayap belakang tetap dan bumper belakang baru yang agresif dipasangkan dengan diffuser aktif yang fungsional, memperkuat tujuan mobil untuk siap di lintasan.

post-cover
Xiaomi SU7 Ultra Track Edition saat dipamerkan di gelaran Auto Shenzhen 2025. (Foto: carnewschina.com)

Kendaraan ini berukuran panjang 5.070mm, lebar 1.970mm, dan tinggi 1.465mm, dengan jarak sumbu roda atau wheelbase 3.000mm.

Stiker ‘Ultra’ berwarna perak di bagian samping membedakannya dari model standar, dan sensor LiDAR tetap terpasang di atap.

Di bagian belakang, emblem SU7 Ultra yang berwarna hitam dan diffuser yang terinspirasi dari balapan menekankan transformasi yang berpusat pada performa.

Di dalam kabin, SU7 Ultra Track Edition secara luas mencerminkan DNA motorsport-nya menggunakan kulit Alcantara dan serat karbon.

Hingga 21 bagian trim interior dilapisi serat karbon, termasuk roda kemudi (dengan garis tengah kuning), sandaran kursi, konsol tengah, panel pintu, dan kusen pintu yang menyala.

Kluster instrumen 7,1 inci dan layar sentuh tengah 16,1 inci merupakan instrumen utama, didukung oleh sistem audio imersif 25 speaker dan pengisi daya telepon nirkabel ganda 50W.

Baik model SU7 Ultra standar maupun Track Edition menggunakan sistem penggerak tiga roda yakni dua motor V8 yang dipasang di belakang menghasilkan 578 hp masing-masing dan motor V6 yang dipasang di depan dengan daya 392 hp, menghasilkan total 1.548 hp.

Akselerasi dari 0-100 km/jam diklaim hanya membutuhkan waktu 1,98 detik, dengan kecepatan tertinggi mencapai 350 km/jam.

Tenaga jumbo itu disuplai oleh baterai CATL Kirin II 93,7 kWh yang dioptimalkan untuk debit tinggi (5,2C) dan beroperasi pada 897V. Jangkauan standarnya dinilai CLTC pada 630 kilometer.

Tak seperti versi standar, yang memerlukan unlock OTA untuk mengakses daya penuh, SU7 Ultra Track Edition memiliki semua kemampuan yang diaktifkan langsung.

Sistem pendingin dan manajemen termal yang ditingkatkan memastikan kinerja yang konsisten bahkan setelah sepuluh atau lebih putaran.

Di lintasan, SU7 Ultra Track Edition telah membuktikan kemampuannya. Ia mencatat waktu putaran 2:09.944 di Sirkuit Internasional Shanghai, lebih cepat dari Porsche Taycan Turbo GT.

Atas hasil ini, Xiaomi telah mendapatkan hak penamaan untuk Tikungan 12 di Nürburgring, yang sekarang diberi label ‘Xiaomi Curve’.
 

Komentar